Itulah makanan yang biasa warga Lamongan sering bilang, karena Nama Sego Boran berasal dari tempat menyimpan nasi, boran. “Makanya disebut nasi boranan, di Lamongan banyak sekali yang menjual makanan ini, selain rasanya yang mantap, enak, maknyusss, dan edan... ini, sensasi sambal yang luar biasa mampu memikat hati para pecinta " Sego Boran ". bagi warga Lamongan tidak lah asing lagi untuk mencicipi masakan ini, tapi untuk para pelancong luar kota yang masih belom tahu sejenis makanan apakah ini, ndak usah kawatir karena saya disini akan mengulas semua tentang " Sego Boranan " untuk anda para pelancong luar negeri, kalau di kota - kota lain terkenal dengan makanan khasnya masing - masing di Lamongan tidak kalah khasnya dengan masakan - masakan dari kota Lain. okey langsung saja yah secara detail tentang " Sego Boran "

Biasanya warga Lamongan menyantap sego boran disaat sarapan pagi, mengapa ??? karena kenikmatan, dan cita rasa yang dimunculkan dari nasi boran ini muncul saat dihidangkan di pagi hari dengan ditemani segelas teh hangat, atau kopi, atau juga susu coklat hangat. hemm.... sungguh nikmat sekali, tapi jika anda yang ndak biasa makan makanan pedas di pagi hari lebih baik hindari makan sego boran ini di pagi ini, karena sego boran ini juga nikmat jika disantap di sore atau malam hari.

Sego Boran nikmat disantap dengan memakai alas daun pisang, kenapa ??? karena aroma daun pisang membuat masakan menjadi sedap harum dan nikmat dengan nasi panas di atasnya disertai dengan sambal Sego Boran, disertai dengan aksesoris pilihan yang terdiri dari kerawu, empuk. Empuk merupakan campuran tepung beras, gaplek, dan terigu. Adonan ini dibentuk bulatan kecil dan digoreng. Rasanya gurih karena dicampur bawang putih dan garam, ada juga gimbal poho dibuat dari singkong dan parutan kelapa. Sama seperti empuk, gimbal poho dimatangkan dengan cara digoreng , nasi boran kurang lengkap tanpa adanya rempeyek. Lauk yang disediakan sego boran bisa kita pilih sesuai selera kita, saya biasa memesen lauk ceker ayam karena ceker adalah lauk kesukaanku, ada juga penjual sego boran yang menyediakan sate jerohan ayam. yang terdiri dari usus ayam, telor kuning bundar, hati ayam dll. benar - benar menggoda setiap orang yang memakannya.. yumi dechh dijamin bakal ketagihan pengen ke Lamongan terus to bisa nikmati sedap dan enaknya Sego Boran.

Di Lamongan banyak sekali ditemukan penjual Sego Boran, hampir disetiap sudut kota lamongan berjejer penjual sego boran, biasanya tempat mangkal para penjual nasi boran yang banyak berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan tepatnya di depan RS. BP Muhammadiyah Lamongan, ada juga disekeliling Alun-alun kota, di Pasar LI dan di Sawahan. Peminat sego boranan tidak cuma dari Lamongan. Warga kota lain yang singgah di sini, senang juga mencoba kelezatan nasi boranan. Apalagi harganya cukup terjangkau, sudah lengkap dengan sepotong ikan atau ayam goreng. Tunggu apa lagi ayo segera cicipi dan nikmati kelezatan dari sego boran !!!!